Jumat, 06 Februari 2009

Kapal Bantuan Lebanon untuk Gaza Ditembaki Israel


Kapal Angkatan Laut Israel menembaki kapal bantuan kemanusiaan untuk Gaza asal Lebanon Kamis ini. Beberapa pasukan Israel juga masuk ke dalam kapal menendang dan memukuli penumpangnya.


Beberapa orang dilaporkan terluka akibat serangan itu.


“Mereka (Angkatan Laut Israel) mengarahkan tembakannya ke arah kapal. Ada banyak tentara Israel yang naik ke kapal kami,” ujar Salam Khoder, koresponden stasiun televisi Al Jazeera dan dikutip Reuters, Kamis (5/2/2009). Khoder sendiri saat itu turut dalam rombongan kapal Lebanon.


“Tiga tentara Israel mengarahkan senjatanya kepada kami. Mereka juga memukul dan menendang kami,” ungkap Khoder dalam laporan langsungnya melalui telepon. Al Jazeera berusaha menghubungi Khoder kembali namun gagal. Tak diperoleh keterangan ada berapa penumpang saat itu.


Kapal Lebanon itu mengangkut bantuan dari lembaga bantuan Lebanon dan Arab yang dikumpulkan oleh Palestinian National Committee Against the Siege yang bekerja sama dengan organisasi bantuan Gaza yang berbasis di Amerika Serikat Free Gaza Movement.


Pada Rabu malam, kapal perang Israel juga mencegat kapal Lebanon yang mengangkut bantuan untuk warga Gaza. Kapal bernama Lenanese Fraternity itu dicegat sekira 32 km dari pantai Gaza. Di dalam kapal juga terdapat relawan dari Palestina dan Inggris. (okezone, 05/02/09)

Tidak ada komentar: